RSS Feed
Tidak semua yang ku tulis adalah aku, dan tak semua yang kau baca adalah kamu.

Sabtu, 05 Oktober 2013

Cerpen : "Snow White Sang Janda"

Snow White digugat cerai. Enam bulan setelah penikahannya, sang Ratu meninggal dunia. Dibunuh lebih tepatnya. Disekujur tubuhnya terdapat tanda-tanda bekas penyiksaan. Semua bukti-bukti tindak kriminal mengarah pada kesimpulan Snow White adalah pelakunya.

Snow White diseret keluar dari istana dan dibawa ke penjara kerajaan. sesaat sebelumnya, dengan tangan terikat dibelakang, dia bercerita.....

***

apa yang kalian ketahui tentang kisah hidup Snow White? bahwa dia adalah contoh teladan dari sebuah kesabaran? bahwa keserakahan sang Ratu adalah contoh terbaik atas perasaan iri hati yang harus dihindari? bahwa sang pemburu adalah contoh terbaik untuk tingkah laku yang welas asih? atau para kurcaci adalah contoh terbaik dari persahabatan? semuanya mungkin benar, jika kalian hanya melihatnya dari satu sisi. Sisi Si Snow White yang terzalimi.

yang kalian tahu, Snow White adalah korban kedengkian sang Ratu, ibu tirinya, atas kecantikan yang dimilikinya; kulit seputih salju, bibir semerah darah dengan rambut sehitam bingkai jendela. Sayangnya, ada yang tak kalian ketahui.

Sejak ditinggal mati oleh ibu kandungnya, sang ayah menikah lagi dengan ratu yang baru. snow white yang tidak setuju dengan pernikahan tersebut berubah 180 derajat. lupakan si Putri manis yang baik hati. kini si putri menjelma menjadi penjahat kecil yang tak tanggung-tanggung kejamnya. sejak umur 9 tahun Snow White, yang membenci sang ratu, telah mulai meneror sang ratu. Pernah suatu hari Snow White menggantung bangkai burung gagak didalam lemari tempat gaun-gaun mahal sang ratu berada, hingga si pencuci istana harus mencuci semua gaun dengan sabun dan parfum 3 kali lebih banyak dari biasanya.

atau kali lain, Snow White dengan sengaja menumpahkan minyak zaitun di tangga sesaat sebelum sang Ratu menuruni tangga. akibatnya sang ratu harus memakai tongkat untuk membantunya berjalan dalam waktu yang sangat lama. tak ada yang bisa menghentikan kenakalan snow white juga tak ada yang berani mengadu pada sang raja atas kenalakan snow white. tidak juga dengan sang ratu.

semua terus berlanjut hingga sang Raja meninggal dunia. seluruh kerajaan berduka cita. sang raja meninggalkan warisan yang isinya, jika snow white telah mencapai umur 21 tahun seluruh kerajaan diwariskan kepada snow white. tapi sebelumnya semua akan di urus oleh sang ratu. sedangkan untuk sang ratu, sang raja hanya mewariskan sebuah cermin.

mengetahui hal itu, snow white marah besar. dia malah menuduh sang ratu sengaja membunuh ayahnya hanya untuk mendapatkan seluruh kekayaan kerajaan. tapi karena kenakalannya, tak ada yang membelanya. seluruh isi istana berpihak pada sang ratu. Snow white kecewa.

***

Sang Ratu sendiri tidak tau lagi harus memperlakukan snow white seperti apa. dia merasa telah di benci dari awal, sehingga apapun yang dilakukannya tidak akan mendapat tanggapan baik oleh snow white. sang ratu hanya bisa menghibur diri dengan cermin peninggalan sang Raja. Sang Ratu sering terlihat berbicara dengan cermin warisannya. banyak yang mengira cermin itu adalah cermin ajaib yang bisa menjawab pertanyaan sang Ratu dengan tepat. tidak ada yang tahu kalau cermin itu adalah sebuah rekorder tua unik.

dulu di masa-masa pacaran mereka, sang Raja menghadiahkan sang Ratu sebuah cermin yang berisi rekaman suaranya. di sebelah sudut kanan atas, ada tombol yang jika ditekan akan mengeluarkan suara sang raja yang berkata "Ratuku kau adalah wanita tercantik di negeri ini". Begitulah gombalan jitu sang Raja. kini disetiap kali rindu menguasai sang Ratu, dia hanya harus menekan tombol di cermin itu dan dia merasa seakan Sang raja masih hidup menemaninya.

tak ada yang tahu mengenai cermin rekorder itu, kecuali Sang Ratu, Sang Raja dan tentu saja Snow White.

***
Suatu hari Sang Ratu marah besar. Ada yang telah mengganti rekaman suara suaminya. kini setiap kali tombolnya ditekan, yang terdengar adalah suara cempreng "masih mimpi jadi yang tercantik? kamu hanyalah nenek-nenek tua yang dikasihani sang raja karena sebentar lagi akan keriput dimakan usia. hahaha".

Siapa lagi pelakunya kalau bukan Snow White. Sang ratu yang telah dikuasai amarah, menaruh dendam kesumat pada Snow White. Snow White di usir dari kerajaan. belum habis kemarahan sang Ratu, sang ratu yang sudah gelap mata menyewa seorang pemburu berdarah dingin untuk membunuh snow white.

tentu saja versi yang kalian dengar, si pemburu adalah orang yang baik hati dan akhirnya melepaskan snow white masuk ke dalam hutan, begitu kan?

berpikir logislah kawan, mana ada sih pemburu yang baik hati? begini cerita sebenarnya..

di dalam hutan belantara, si pemburu bertemu dengan Snow white telah bersiap-siap mengeluarkan goloknya untuk mengerek leher snow white dan mengambil jantungnya untuk kemudian diserahkan pada sang Ratu. tapi gagal.
tak ada yang tau bahwa selama ini snow white mempelajari ilmu bela diri tingkat tinggi. jadilah sang pemburu mati kutu dibuatnya. untuk menipu sang Ratu, snow white memberikan hati babi hutan  kepada sang pemburu.

Sang pemburu kembali ke istana sambil menenteng hati babi hutan. di hadapan sang ratu, sang pemburu mengakui bahwa hati itu adalah milik snow white. dan snow white kini telah mati. tapi bukannya senang misiya berhasil. sang Ratu malah terpuruk. dia menyesal. hanya karena rasa cintanya pada sang Raja, dia telah gelap mata membunuh darah daging sang raja.

***
di dalam pelosok hutan, kini Snow White tinggal dengan para kurcaci.

ku mohon lupakan apa yang selama ini telah kalian dengar tentang kurcaci dan snow white, karena kenyataan yang ada jauh berbeda dengan yang sebenarnya terjadi. lupakan tentang kurcaci-kurcaci imut yang baik hati, yang selalu riang dan rajin bekerja, atau yang sangat bersahabat dengan snow white. lupakan itu semua.

kisah tentang kurcaci dan snow white akan kuceritakan di lain kesempatan. ku bocorkan sebuah rahasia, kisah kurcaci dengan snow white adalah sebuah kisah cinta.

***
berminggu-minggu telah berlalu, dan sang Ratu tetap berada dalam keadaan terpuruk. penyesalan yang dia rasakan sangat dalam.

suatu hari, sang ratu berencana memasuki hutan untuk meletakkan karangan bunga, sebagai tanda penyesalannya. bukannya melihat makam snow white, yang ada Ratu melihat snow white yang sedang menjemur pakaian di sebelah gubuk kecil.

Ratu yang merasa di bohongi, kembali marah besar. Dari sini kalian tau cerita selanjutnya. sang Ratu murka. Sang Ratu yang ternyata adalah keturunan para penyihir putih yang legenda menyiapkan sebuah apel beracun. dia menyamar jadi seorang nenek tua yang menawakan apel pada snow white.

snow white memakan apel itu, dan pada gigitan pertama dia jatuh tak sadarkan diri. para kurcaci pulang dan menemukan snow white tergeletak. dia diletakkan dalam peti kaca, beberapa hari kemudian, seorang pangeran dan rombongannya melintas. melihat kecantikan putri salju, pangeran memilih berhenti. semua berjalan sesuai yang pernah didongengkan pada kalian sewaktu kecil. snow white terbangun dan mereka pun menikah.

***
yang tak kalian ketahui adalah kisah setelahnya. dua bulan berlalu setelah pernikahan mereka. semua tampak bahagia. tapi tak ada yang tahu kalau diam" snow white juga mempelajari segala seluk beluk tentang dunia sihir. hingga dia mendapatkan fakta bahwa sang Ratu lah yang meracuninya dua bulan yang lalu.

Snow White yang telah mempelajari ilmu santet, mengirimkan santet maha dahsyat untuk sang Ratu. jadilah sang Ratu selalu merasa dingin di sekeliling tubuhnya. seakan-akan dia di selimuti salju tebal. darahnya seakan membeku. karena tak tahan, sang ratu membakar dirinya sendiri. penjaga istana yang melihatnya segera menyiramkan air untuk memadamkan api. tapi terlambat. tubuh sang ratu telah gosong. hitam pekat. yang anehnya di punggungnya muncul sebuah tulisan. "ini pembalasanku, ibu"

***

begitulah snow white menceritakan kisahnya pada pangeran yang tak pernah dicintainya.

sambil tersenyum tipis, snow white diseret dan dibawa masuk ke penjara kerajaan.

TAMAT

0 komentar: