RSS Feed
Tidak semua yang ku tulis adalah aku, dan tak semua yang kau baca adalah kamu.

Selasa, 04 Februari 2014

Hari #4 : kepada mbak @deelestari

Halo, mbak dee.
Salam kenal.

Saya Ayu, salah satu dari sekian banyak orang yang menjadikan tulisan-tulisan mbak sebagai tulisan-tulisan favoritnya. Berhubung tema #30HariMenulisSuratCinta hari ini adalah menuliskan surat untuk para selebtwit, saya memutuskan memberanikan diri untuk menulis surat yang ditujukan pada mbak. sekali lagi mbak, salam kenal yah :)

untuk ukuran 'mengidolakan' saya mungkin tidak termasuk dalam golongan 'fanatik'. saya biasa-biasa saja. Saya hanya mengkonsumsi buku-buku mbak dee. mulai dari serial Supernova, filosofi kopi, madre, perahu kertas dan rectoverso. Saya mengagumi cara mbak memadupadankan kata-kata, baik dalam bentuk catatan-catatan kecil atau pun puisi yang ada dalam setiap buku mbak. Salah satu Puisi favorit saya adalah 'Barangkali Cinta' yang tercetak dihalaman terakhir 'Madre'. Mungkin karena saat pertama kali saya baca, puisi itu pas menggambarkan kondisi hati saya.

Sewaktu kecil saya terbiasa disuguhi dengan buku cerita anak-anak, dongeng-dongeng pengantar tidur.  sejak mengetahui salah satu dongeng disney yang berjudul "the little mermaid", saya menjadi pemuja neptunus. Sama seperti Kugi dalam Perahu Kertas. Bedanya, dalam khayalan saya, saya adalah jelmaan seorang putri duyung sedang Kugi adalah seorang agen Neptunus. Perahu Kertaslah yang membuat saya memberi perhatian pada karya-karya mbak selanjutnya.

Dalam persepsi saya, Mbak adalah sosok yang cerdas, berpengetahuan luas dan membagi pengetahuannya lewat media sastra. Itu semua tercermin dalam serial Supernova. bagaimana mbak dee mengkritik konsep 'cantik' yang berkembang selama ini, atau menjelaskan beberapa konsep dengan bahasa yang sederhana. aku juga suka cara mbak menjelaskan realitas dari sudut pandang yang jarang dipakai oleh orang-orang. Seakan membuka pintu baru dalam koridor kerangka berfikirku. menyadarkanku untuk terus berusaha melihat segala sesuatu secara holistik.

Saya mengidolakan mbak. Sayangnya dua kali mbak datang ke kota saya, dua kali pula saya kehilangan kesempatan bertemu mbak. Pertama kali adalah saat mbak menyelenggarakan acara book signing di gramedia salah satu mall di kota saya. Sayangnya saat itu bertepatan dengan jadwal kuliah. menjadi fasilitator dalam perkuliahan saat itu membuat saya tak bisa meninggalkan kuliah. Kedua kalinya adalah saat mbak menjadi salah satu pembicara di event #MIWF2013. dari berminggu-minggu sebelumnya, saya telah menyiapkan rencana. saya mengosongkan semua jadwal, membuat janji dengan seorang teman yang akan menemani saya -maklum saja mbak, rumah saya jauh dari Fort Rotterdam- dan menyiapkan diri agar nanti jika bertemu dengan mbak, saya berani bersalaman dan foto bersama -saya anaknya cukup pemalu-. Tapi mau bagaimana lagi, kalau keesokan paginya, teman saya tiba-tiba mengabarkan kalau dia tak bisa menemani saya. sedangkan teman-teman saya yang lain sedang sibuk dengan urusannya masing-masing. terus terang saat itu saya sedih sekali mbak, tak bisa bertemu dengan mbak dee. mungkin di lain waktu dan di lain kesempatan kita akan bertemu yah mbak. *amin*

sepertinya, suratku kali ini sudah terlalu panjang untuk ukuran 'surat perkenalan' mbak. hehe
tetaplah berkarya mbak. saya menunggu karya-karyamu selanjutnya :)

Ayu

0 komentar: